Pengendalian (controlling) adalah fungsi terakhir dari
proses pelaksanaan manajemen.
Fungsi ini sangat penting dan sangat menentukan
pelaksanaan proses manajemen,karena itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.
Earl P. Strong
(dalam Badrudin, Dr. M.Ag Dasar-Dasar Manajemen) memberikan definisi
pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan,
agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam rencana.
B. Langkah-Langkah dalam Kontrol
1.Menentukan standart-standart yang akan
digunakan sebagai dasar pengendalian
2.Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai
3. Membandingkan pelaksanaan dengan hasil atau standard an menentukan penyimpangan jika ada
4. Melakukan tindakan perbaikan jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.
2.Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai
3. Membandingkan pelaksanaan dengan hasil atau standard an menentukan penyimpangan jika ada
4. Melakukan tindakan perbaikan jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.
C. Tipe-Tipe Kontrol
1.
Pengendalian Karyawan (Personel control)
2.
Pengendalian Keuangan (Financial control)
3.
Pengendalian Produksi (Production control)
4.
Pengendalian Waktu (Time control)
5.
Pengendalian Teknis (Technical control)
6. Pengendalian
Kebijaksanaan (Policy control)
7.
Pengendalian Penjualan (Sales control)
8.
Pengendalian Inventaris (Inventory control)
9.
Pengendalian Pemeliharaan (Maintenance
control)
D. Kontrol Proses Manajemen
1. Kontrol langsung,
yaitu pengendalian yang dilakukan sendiri secara langsung oleh manajer. Manajer
memeriksa pekerjaan yang sedang dilakukan untuk mengetahui apakah dikerjakan
dengan benar dan hasil-hasilnya sesuai dengan apa yang dikehendaki.
2. Kontrol
tidak langsung adalah pengendalian jarak jauh,yaitu melalui laporang yang
diberikan bawahan. Laporan ini dapat berupa lisan atau tulisan tentang
pelaksanaan pekerjaan dan hasil-hasil yang telah dicapai.
3. Kontrol
berdasarkan kekecualian adalah pengendalian yang dikhususkan untuk kesalahan-keslahan
yang luar biasa dari hasil atau standar yang diharapkan. Pengendalian ini
dikombinaksikan dengan pengendalian langsungdan tidak langsung oleh manajer.
Sumber:
Badrudin, Dr. M.Ag. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sumber:
Badrudin, Dr. M.Ag. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
0 komentar:
Posting Komentar