Pet

Pages

Time


Jumat, 09 November 2012

Tes Psikologi Online




Semakin Banyaknya Aplikasi psikologi dan E-counseling
            Di era globalisasi ini, perkembangan pesat teknologi berpengaruh juga dengan berkembangnya psikologi. Para psikolog banyak membuat situs atau web berbasis psikologi, contohnya adalah tes psikologi secara online. Di jejaring sosial pun banyak aplikasi tes psikologi, contohnya di facebook dengan banyak aplikasi psikologi seperti melihat karakter atau kepribadian dengan menjawab pertanyaan yang disediakan di aplikasi tersebut. Maraknya aplikasi psikologi di dalam jejaring sosial mempermudah pengguna situs itu untuk melakukan tes psikologi secara online. Di abad ini, psikologi semakin diminati banyak orang karena ilmunya berkaitan dengan manusia secara pribadi. Maka dari itu, aplikasi tes psikologi ini tidak pernah sepi akan pengunjung yang ingin melakukan tes psikologi online. Untuk melakukan tes psikologi ini pun, individu tidak perlu mengeluarkan uang banyak seperti bila ingin mendatangi psikolog secara langsung. Individu hanya masuk ke dalam aplikasi tersebut, menjawab pertanyaan dan hasil langsung keluar. Waktu yang dibutuhkan untuk tes ini juga sedikit, individu tidak perlu memakan banyak waktu untuk menunggu hasilnya keluar. Faktor kemudahan dalam pemakaian , tidak membutuhkan uang, dan waktu yang efesien membuat orang menyukai aplikasi ini. Kelemahan pada aplikasi ini juga terdapat pada keakuratan hasilnya. Kadang orang yang mengisi jawaban pada tes psikologi online tidak jujur, disebabkan ingin mendapatkan hasil yang baik. Maka hasilnya jadi tidak akurat.
            Selain aplikasi psikologi di jejaring sosial, ada juga aplikasi psikologi berbasis e-counseling. E-counseling adalah layanan tanya jawab psikologi melalui internet dalam sebuah situs atau web. Contoh e-counseling adalah ada pada situs psikologi-zone. Konsultasi di internet ini mempermudah pengguna internet untuk memberikan pertanyaan apapun itu. Pengelola situs ini akan menjawab pertanyaan mereka. Biasanya layanan ini bersifat gratis, rahasia, dan tidak mengikat. Tidak seperti konsultasi psikologi secara face to face. Kemudahan layanan e-counseling ini membuat pengguna internet merasa tertolong karena biayanya gratis, tidak seperti yang face to face biayanya yang bisa dibilang mahal dan e-counseling ini menjangkau semua bagian dan kalangan yang pasti yang bias menggunakan internet. Kerahasiaannya pun dijaga sama seperti melakukan konsultasi secara face to face. Bila konsultasi secara face to face biasanya mengikat klien, pada e-counseling ini tidak mengikat klien ataupun pengelola situs. Kelemahan pada e-counseling ada pada kelanjutan kasus klien. Pada konsultasi face to face kelanjutan pada kasusnya, tergantung pada pemberian alternative solusi dan persetujuan kedua belah pihak mungkin untuk melakukan psikoterapi. Tetapi pada e-counseling, tidak ada kelanjutan kasus.
separador

1 komentar:

Anonim mengatakan...

teman, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

makasi :)

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Bekasi, Indonesia
Berjuang demi kehormatan diri sendiri, all about me isn't important. you will know me if you stand here besides me :D hahaha... Just become an extraordinary girl :)

Followers