Pet

Pages

Time


Sabtu, 29 Oktober 2011

Ilmu Budaya Dasar


Ilmu budaya dasar, ilmu yang mempelajari dasar-dasar dari konsep yang berkembang untuk mempelajari masalah manusia dan kebudayaan yang merupakan salah satu mata kuliah wajib karena bagian dari mata kuliah dasar umum (mkdu). Ilmu ini lebih kepada perkembangan kepribadian mahasiswa sendiri, berbeda pada mata kuliah lain yang membantu keahlian mahasiswa dalam bidang ilmunya. Budaya merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Adanya ilmu budaya dasar di indonesia melatarbelakangi berbagai permasalahan seperti keanekaragaman budaya yang sulit melepaskan ikatan kedaerahan atau kesukuan, terjadinya pergeseran dan perubahan pada sistem nilai budaya karena proses pembangunan yang mempengaruhi mental manusia dan menimbulkan konflik, perubahan kondisi kehidupan menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya karena kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi.
Tentang tujuan ilmu budaya dasar sudah dibahas sedikit diatas bahwa ilmu budaya dasar sebagai salah satu usaha untuk perkembangan kepribadian mahasiswa dengan memperluas wawasan pemikiran serta kritis terhadap nilai-nilai budaya, yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnnya maupun dirinya sendiri. Cepat tanggap terhadap hasil budaya manusia lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah pemikiran, perasaan, serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya. Memiliki penglihatan yang jelas, pemikiran yang mendasar serta mampu menghargai budaya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang tinggi nilainya. Sebagai calon pengganti pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku. Sebagai jembatan saran yang berbeda keahliannya, lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang, mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi.
Ruang lingkup ilmu budaya dasar adalah seluruh aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah manusia dan budaya dengan menggunakan pengetahuan budaya baik dengan masing-masing disiplin ilmu atau antar bidang (gabungan) serta hakekat manusia yang bermacam-macam bentuknya. Tidak hanya membentuk kerseragaman tetapi manusia juga membentuk keragaman dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial, budaya. Aspek-aspek dalam kebudayaan adalah kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah, dan budaya nasional. Sumber: Digital book ilmu budaya dasar gunadarma.
separador

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Bekasi, Indonesia
Berjuang demi kehormatan diri sendiri, all about me isn't important. you will know me if you stand here besides me :D hahaha... Just become an extraordinary girl :)

Followers